Home » » Perbedaan Unik Cinta dan Kasih Sayang

Perbedaan Unik Cinta dan Kasih Sayang

Written By Myranda Diana on Wednesday, August 28, 2013 | 9:03 AM

Perbedaan Unik Cinta dan Kasih Sayang

Sepanjang peradaban manusia, cinta selalu menjadi hal abstrak yang paling berharga dan tiada ternilai. Sejak rasa cinta Hawa kepada Adam yang tumbuh setelah mereka menyantap buah terlarang, umat manusia akan selalu ‘dikutuk’ dengan perasaan cinta yang ditemani dengan perasaan benci. 

Bagi mereka yang cenderung memiliki pemikiran rasional dan logis, cinta maupun benci adalah sesuatu yang abstrak, keduanya tidak bisa dijadikan patokan dengan rumus-rumus yang bisa dibahasakan secara ilmiah.

Definisi cinta tidak akan seeksak dan seempiris satu ditambah satu sama dengan dua. Apalagi bila harus membedakan antara definisi cinta dan definisi sayang, akan cukup sulit mencari perbedaan cinta dan sayang. namun pada kesempatan kali ini saya akan mencari celah untuk bisa membedah perbedaan di antara kedua kata tersebut, yang diantaranya :

>> Perbedaan Unik Cinta dan Kasih Sayang yang pertama

Setiap individu di dunia, bahkan memiliki pengertian dan pemahaman sendiri-sendiri tentang cinta dan sayang, khususnya untuk mengetahui perbedaan sayang dan cinta. 

Namun bagaimanapun, bahasa Indonesia memiliki definisi masing-masing untuk cinta dan sayang, yang hampir sama seperti bahasa Yunani, namun definisi cinta dan sayang dalam bahasa indonesia itu berbeda dengan devinisi dalam bahasa Inggris.

Dalam bahasa Yunani, cinta disetarakan dengan eros, kasih disamakan dengan agape, dan sayang dikorelasikan dengan philia. Sementara dalam bahasa Inggris, hanya ada satu kata untuk menggambarkan ketiganya, yaitu love. Begitulah perbedaan cinta dan kasih sayang antar bahasa negara.

>> Perbedaan Unik Cinta dan Kasih Sayang yang kedua

Untuk mencari perbedaan cinta dengan sayang, memang rumit bila tidak mau dikatakan membingungkan. Cinta dan sayang serupa tapi tak sama, sama tapi beda. Tapi kurang lebih, cinta dan sayang bisa dijelaskan dengan satu dan lain cara. 

Misalnya, cukup lumrah bila menyatakan mengumbar kata cinta hampir kepada setiap gadis ataupun pemuda yang ditemui dan dikencani, sehingga julukan playboy atau playgirl pun lekat pada seseorang. Tapi, cukup ganjil untuk mengumbar kasih sayang sehingga pelakunya dijuluki dengan julukan yang jelek, malahan sebaliknya orang yang menebar kasih sayang di muka bumi ini akan mendapat berbagai julukan positif

>> Perbedaan Unik  Cinta dan Kasih Sayang yang ketiga

Agar lebih jelas apa perbedaan cinta dan sayang, cinta lebih terkait seks, sementara sayang lebih dari itu. Cinta memang tidak bisa bila tidak dikaitkan dengan gairah dan asmara membara. Bila itu tidak melibatkan seks, maka perasaan itu adalah sayang

>> Perbedaan Unik  Cinta dan Kasih Sayang yang keempat

Atau ada yang cenderung mengaitkan beda cinta dan sayang dari ketulusan atau tidaknya. Sayang dirasakan lebih dalam, rela, dan tulus, sementara cinta lebih dangkal dan hanya di permukaan saja, atau tidak penuh kerelaan hati dan tidak tulus (ada perasaan mengharap bisa bersanding dengannya untuk menciptakan kebahagiaan, bila keadaan ini tidak terpenuhi maka akan menimbulkan perasaan sedih yang mendalam)

>> Perbedaan Unik Cinta dan Kasih Sayang yang kelima

Ada juga yang menghubungkan cinta dan sayang dengan permanen atau tidaknya perasaan tersebut bertahan. Sayang dianggap permanen dan berlangsung selamanya, sementara cinta bersifat temporer, hanya untuk sementara waktu sampai cinta yang lain bisa menggantikannya. Telah dinyatakan oleh seorang dokter syaraf kejiwaan bahwa keadaan cinta asmara yang menggebu akan  bertahan selama delapan bulan. penjelasan lebih lanjut bisa anda baca di artikel : arti cinta menurut pakarnya

>> Perbedaan Unik Cinta dan Kasih Sayang yang terakhir

Bila dianalisis berdasarkan bahasa, maka sesuai dengan KBBI, definisi cinta adalah suka sekali, sayang benar. Sementara menurut KBBI, kasih sayang berarti cinta kasih dan belas kasihan.

 Lantas, KBBI juga menyatakan bahwa sayang adalah kasih sayang (kepada); cinta (kepada); kasih (kepada). 

Di laman Wikipedia, cinta, kasih, dan sayang dibedakan dari satu dengan lainnya. Pembedaan ini diterapkan berdasarkan terminologinya / penggunaan kata. Sayang ditujukan kepada teman dan keluarga (philia).dan cinta ditunjukan kepada seseorang kekasih

Bagaimanapun juga, apa pun pengertiannya yang membuat definisi beda cinta dengan sayang, baik secara ilmiah atau sekadar mereka-reka berdasarkan asumsi ataupun opini pribadi dari sudut pandang mana pun, cinta dan kasih sayang merupakan perasaan positif yang dimiliki oleh manusia kepada sesamanya, sesama makhluk hidup, ataupun terhadap lainnya (objek materialis maupun sesuatu yang abstrak).

Di atas segalanya, cinta paling pas bila dirasakan dan diwujudkan dalam tindakan sehingga berbuah kasih sayang yang menis dan abadi. Sebab, begitu banyak perasaan yang seolah bercampur-baur bersama perasaan cinta. Sehingga, cinta pun menjadi sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata secara harfiah.

Source:KATA KATA, PUISI, ARTI DAN SEMUA TENTANG CINTA LENGKAP

0 comments:

Post a Comment